Dari Samarinda ke Balikpapan (16 Oktober 2011)
Perjalanan dari Samarinda ke Balikpapan dimulai pada pukul 11.00 wita. Sebelum menuju ke Balikpapan mampir dulu ke sekolah untuk mengambil kamus kecil.
Disekolah teman-teman panitia mid semester lagi lembur untuk persiapan mid semester pada esok hari.

Dari Balikpapan ke Jakarta (16 Oktober 2011)
Perjalanan menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA519 pukul 15.45 wita, pesawat delay selama 20 menit.

Dari Jakarta menuju Sydney (16 Oktober 2011)
Perjalanan dari Jakarat ke Sydney ditempuh dengan menggunakan pesawat Qantas Airways (QF) dengan daya angkut 500 orang. Berangkat pukul 20.40 wib dan tiba di Sydney pukul 07.30 waktu Sydney (atau pukul 04.30 dini hari wib). Pemeriksaan di Sydney sangat ketat, setiap barang yang dibawa diperiksa dengan mesin pendeteksi dan anjing pelacak. Pada proses ini salah satu dari anggota rombongan terdetekdi membawa makanan dari Indonesia. Kejadian menyebabkan perjalanan agak terhambat karena berurusan dengan pihak imigrasi setempat. Setelah makanannya di sita barulah kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Adelaide yang merupakan ibukota dari South Australia (SA).
Disini kami beristirahat sebentar untuk melepas lelah sambil mencari makanan yang cocok, saya membeli chicken burger dengan harga $ 3.9, dan membeli SIM CARD baru dengan harga $ 30. Tapi belum bisa dipakai karena nomornya belum ada, dan yang menjual tidak tahu bagaimana cara mengaktifkannya.


Dari Sydney ke Adelaide South Australia (SA) (17 Oktober 2011)
Perjalan menuju Adelaide menggunakan pesawat yang sama. Berangkat dari Sydney pukul 10.50 dan tiba di Adelaide pada pukul 13.15.
Pemeriksaan sudah tidak seketat di Sydney karena kita sudah dianggap penumpang domestik.

Dari bandara Adelaide menuju South Australian Governmnet School
Di bandara Adelaide rombongan dijemput oleh Darry Carter yang sebelumnya sudah berkunjung ke Samarinda, tepatnya di SMP Negeri 1 Samarinda.
Sampai di Governmnet of South Australian pada pukul 13.30. Kita beristirahat sejenak dilanjutkan dengan lunch (makan siang). Setelah itu kita berkeliling di sekitar kota Adelaide yang di pandu oleh Adam. Adam adalah seorang staff yang ada di Governmnet of South Australian kesempatan ini digunakan semaksimal mungkin karena pada pukul 3.00 pm kita akan dijemput oleh orang tua asuh (Home Stay). Pada kegiatan ini kita mencari tiket untuk naik kaereta atau bus untuk 10 trip dengan harga $ 30.9. Kesempatan ini juga kami gunakan untuk mengaktifkan kartu perdana yang baru kami beli, ternyata proses aktivasinya tidak sembarangan karena harus menggunakan paspor. Setelah semuanya cukup kami kembali ke Governmnet of South Australian untuk bertemu dengan Home Stay.

Kegiatan hari pertama, Tuesday 18 Oct 2011
Kegiatan hari pertama di mulai di International Education Service yang terletak di 31 Flinders Street. Adapun kegiatannya adalah:
1. Training seminar
2. Official Welcome Reception

Kegiatan hari kedua, Wednesday 19 Oct 2011
Kegiatan di hari kedua adalah kunjungan ke Norwood Morialta High School yang terletak di 505 The Padade Magill SA. Disekolah ini mencari informasi yang berhubungan dengan sertifikat internasional, karena di sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang menerapkan sertfikat CIS (Council of International School) dan IB (International Baccalaurate Middle Years Programme. Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 09.00 sampai dengan 12.00 waktu setempat.
Kemudian pada pukul 13.00 sampai 16.00 adalah kegiatan Training Seminar yang bertempat di International Education Service

Kegiatan hari ketiga, Thuesday 20 October 2011
Kegiatan hari ketiga adalah kunjungan ke sekolah Linden Park Primary School yang terletak di Linden Park SA. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 waktu setempat (SA). Disekolah ini kita menggali informasi tentang bagaiaman cara meraka mendapatkan sertfikat internasional yang bernama IB. di sekolah ini hanya menerapkan satu satndar yaitu IB.
Disekolah terdiri siswa TK dan SD yang tergabung dalam satu areal sekolah, kalau ditempat kita mungkin setara dengan sekolah satu atap. Ciri khas dari kedua sekolah yang dikunjungi adalah setiap kegiatan siswa selalu ada catatan prosesnya dikumpulkan dalam sebuah forto folio siswa.

Kegiatan hari keempat, Friday 21 Ocotber 2011
Hari ini kita melanjutkan kunjungan ke Adelaide High School, sekolah merupakan sekolah yang menerapkan sertfikat internasional CIS (Council of International Schools). Disekolah ini kita mendapatkan informasi tentang bagaimana proses untuk mendapatkan sertfikat CIS, pada kesempatan ini kita juga melihat kurikulum yang mereka gunakan. Kurikulum unutk matematika dan IPA lebih sederhana dibanding dengan kurikulum yang kita miliki.
Dari hasil wawancara dengan siswa diperoleh informasi bahwa mereka senang belajar tapi mereka tidak senang pelajaran yang banyak, sebagai dampal dari diterapkan CIS siswa lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain atau dalam bahasa kita lebih PD (percaya Diri).

Kegiatan hari kelima, 22 October 2011
Kegiatan hari ini adalah Cultural execursion, Tour of Adelaide City and visit to Cleland Wildlife Park. Sebelum kegiatan ini dimulai saya dan pak Armin (guru SMA 10) diajak oleh mr. Ralph (pemilik homestay) untuk melihat bangunan masjid yang di kota Adelaide, mulai dari masjid yang baru dibangun sampai masjid tertua yang ada di Adelaide, karena waktu sudah menunjukkan pukul 08.30 SA maka kami langsung diantar menuju ke International Education Service.
Pada kegiatan ini kita berjalan-jalan untuk melihat South Australian dari puncak. Dan melihat Kanguru, Koala dan binatang lainnya yang hidup lepas di alam bebas.
Perjalanan berikutnya adalah Botaniq Garden yang merupakan tempat tanaman tropis berkembang biak.

Kegiatan Homestay Family, 23 October 2011
Hari sabtu dan minggu merupakan hari libur nasional, pada hari sabtu kemarin kita berserta rombongan yang berjumlah 14 orang telah melakukan kegiatan cultural excursion.
Pada hari minggu merupakan kegiatan homestay famili, pada hari ini kami di bawa ke museuum maritim atau port (pelabuhan). Disini kami ikut berlayar selama 2 jam, pada kegiatan berlayar ini kita dibawa ke tempat-tempat dimana dolphin sering muncul, dolphin disini tidak dipelihara, tetapi hidup secara bebas di laut dan tidak boleh diganggu apalagi ditangkap. Kita hanya boleh mengabadikannya lewat photo atau vidio, sayang sekali kamera yang kami gunakan tidak mempunyai tele atau fasilitas zoom yang memadai, sehingga kemunculan dolphin tidak dapat di photo secara baik.
Setelah berlayar selama dua jam kami dibawa mengunjungi monumen kapal yang pertama kali berlabuh di Adelaide. Kapal ini sekarang dijadikan museum sekaligus sebagai restoran.
Kegiatan selanjutnya mengunjungi tempat mewah, tempat merupakan temapat bagi orang yang memiliki uang dalam jumlah yang sangat banyak. Disini terdiri dari apartemen, tempat belanja, sewa kapal pesiar dan sekaligus merupakan tempat promosi penjulan kapal pesiar, satau kapal pesiar yang paling murah bernilai $ 4.000.000,00 atau setara dengan 4 m untuk mata uang rupiah.

Kegiatan hari ketujuh, 24 October 2011
Kegiatan di hari keenam adalah mengunjungi sekolah Banksia Park International High School (BPIS), kegiatan disekolah ini selama tiga hari berturut-turut sampai pada tanggal 26 Ocotober 2011.
Kegiatan dihari pertama adalah penjelasan tentang Council of International School (CIS) serta proses-proses yang untuk mendapatkan sertifikat tersebut.
Kegiatan di hari kedua adalah penjelasan tentang kurikulum yang sudah berstandar CIS. Pada sekolah ini hanya ada 8 mata pelajaran wajib di tambah dengan mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran pokok adalah Matematika, IPA, Bahasa, dan Sejarah.
Disekolah ini dimulai dari tahun ke 8-9-10 untuk SMP dan 11-12 untuk SMA.
Kegiatan pada hari ketiga adalah penjelesana mengenai konselor, dilanjutkan dengan kunjungan kelas untuk melihat proses belajar mengajar di kelas. Ciri khas yang ada dari beberapa sekolah yang telah dikunjungi adalah adanya tempelan hasil karya siswa dimasing-masing dinding kelas, dan ketenangan suasana kelas yang sangat kondusif untuk proses belajar mengajar. Sebagai contoh mata pelajaran pilihan wordart adalah pembuatan desain suatu produk dengan menggunanakan komputer, dilanjutkan prosesn pembuatan produk yang sebenarnya, misalnya pembuatan sebuah meja belajar. Langkah awalnya semua dikerjakan menggunakan komputer, jika di setujui oleh guru pembimbing barulah mereka menuju ke ruang produksi untuk mewujudkan apa yang telah mereka rancang.
Diakhir kegiatan sambil makan siang bersama kepala sekolah dan staff dari Banksia Park High School (BPHIS) dengan empat sekolah yang berasal dari Samarinda adalah penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) adapun sekolah-sekolah yang dimaksud adalah
1. SMA Negeri 10 Samarinda
2. SMK Negeri 1 Bontang
3. SMP Negeri 1 Samarinda
4. SD Negeri 002 Kutai Kartanegara (Tenggarong)

Kegiatan hari kedelapan, 27 October 2011
Hari ini kita berkunjung ke Pembroke School, sekolah ini merupakan sekolah yang mendapat sertifikat International Baccalaurate (IB) Diploma Programme. Pada awalnya sekolah ini memisahkan siswa laki-laki dan perempuan. Tapi dalam perjalanannya akhirnya sekolah menggabungkan sekolah laki-laki dan perempuan. Di sekolah terdiri Paly group, TK, SD, SMP dan SMA. Sekolah merupakan sekolah swasta termahal yang ada di Adelaide, disekolah ini juga kami bertemu dengan siswa yang berasal dari Balikpapan dan dua siswa berasal dari Malaysia.
Disini kami juga bertemu dengan guru yang mengajar Bahasa Indonesia, alasan siswa memilih Bahasa Indonesia, karena negara yang terdekat dengan Australia, dari sejumlah pilihan bahasa, Bahasa Indonesia menempati posisi ketiga. Yang pertama adalah Inggris, German dan Indonesia.
Kegiatan di Pembroke School dimulai pada tanggal 27 Ocotber sampai dengan 31 Oktober 2011

Kegiatan hari kesebelas, 1 November 2011
Kunjungan hari ini adalah ke Norwood Morial School, sebelumnya kita sudah berkunjung ke sekolah ini, tapi hanya di Elementry School. Pada kunjungan yang kedua ini kita akan mengunjungi Middle School dan High School.
Hari pertama di Norwood Morialta School, karena ini merupakan kegiatan di hari pertama, maka kami semua berkumpul di DECS, kemudian ditemani oleh staff dari DECS, untuk menuju ke Norwood Morialta School dengan bus.